Thursday, April 15, 2010

Pawai Alegoris 1073 Tahun Nganjuk

Tepat 10 April 2010 kemarin, Nganjuk berulang tahun. Menurut Prasasti Anjuk Ladang, tahun ini merupakan yang ke-1073. Dari awal nama Anjuk Ladang hingga menjadi Nganjuk sekarang, tentu saja banyak peristiwa yang telah dilalui. Salah satunya adalah perubahan ibukota kabupaten.
Dulu pusat pemerintahan Kabupaten Nganjuk berada di Berbek yang letaknya sekitar 15 km dari kota Nganjuk sekarang. Semakin majunya kehidupan masyarakat, pusat pemerintahan dipindahkan ke Nganjuk. Perpindahan ini menandai Kabupaten Nganjuk yang sekarang, yang selalu diperingati setiap tahun dengan Pawai Alegoris.
Pawai Alegoris merupakan simbol perpindahan seluruh jajaran pemerintahan dari Berbek ke Nganjuk. Tahun ini pawai sangat meriah. Masyarakat berderet di sepanjang jalan yang dilalui pawai. Apalagi pawai dilaksanakan di hari Minggu, tepat sehari setelah ulang tahun.
Pawai mulai memasuki Nganjuk pukul 10.00 WIB, dengan kereta pertama yang dikendarai Bupati Taufikurrahman beserta istri. Disusul seluruh jajaran pemerintahan, dinas, dan UPTD. Pawai juga dimeriahkan partisipasi klub bersepeda di Nganjuk dan seni budaya reog. Bebepa sekolah juga ikut menyemarakkan acara dengan menempatan siswa-siswinya didepan sekolah masing-masing.
Selain Pawai Alegoris, setelahnya juga diadakan kirab pusaka menuju pendopo Kabupaten Nganjuk.
Dirgahayu Kabupaten Nganjuk ke-1073.

4 comments:

Asrori Ardiansyah said...

thanks, salam persahatan.. dari asrori www.grosirlaptop.blogspot.com

MF Modifier said...

halooo, apa kabar bro !
salam kenal, aku yo blogger nganjuk !

MF Modifier said...

halooo, apa kabar bro !
salam kenal, aku yo blogger nganjuk !

Cah Nganjuk said...

salam kenal dan persahabatan buat semua