Friday, January 9, 2009

MUSIM HUJAN MUSIM BANJIR

Hal yang biasa terjadi di negeri ini. Waktu punya banyak, kelebihan bahkan harus membuang, sedangkan pas lagi sedikit, kekurangan bahkan harus bingung menutupi kekurangannya. Artinya memang manajemen di negeri hanya sebatas dipelajari di sekolah - sekolah.
Seperti yang terjadi daerah alirah sungai yang melewati Desa Sumengko ini. Waktu musim kemarau, tak setitik air bisa ditemui. Petani bingung mengairi sawah dan sampai harus memakai mesin diesel untuk mengambil air. Tapi saat penghujan seperti ini, air begitu melimpah sampai - sampai harus meluap dari aliran sungai dan menggenangi areal persawahan disekitarnya. Padahal beberapa saat sebelumnya para petani baru saja menanam padi. Alhasil tanaman padipun mati karena tertutup air. Tak hanya areal persawahan, sekolahan yang berada di lokasi tersebut juga terancam tidak bisa melaksanakan kegiatan belajar mengajar karena juga terendam air.
Jadi, mestinya semua pihak memperhatikan masalah seperti ini. Memang pemerintah daerah telah melebarkan aliran sungai, namun pengaturan debit air juga harus dilakukan, sehingga air bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin.

No comments: